RINGKASAN QURBAN

Foto penyembelihan hewan qurban kambing pada hari raya Idul Adha
Foto penyembelihan hewan qurban kambing pada hari raya Idul Adha

PENGERTIAN QURBAN

Pengertian qurban dalam fiqih dinamakan qurban atau Udlhiyyah yang secara istilah syar’i berarti binatang ternak (kambing, sapi, unta) yang disembelih pada hari raya Idul Adlha dan hari tasyriq dalam rangka bertaqorrub (mendekatkan diri) kepada Allah. Hari tasyrik adalah hari dimana hewan qurban disembelih dan diharamkan untuk berpuasa, hari tasyrik jatuh pada tanggal 11, 12 dan 13 bulan Zulhijah.

HUKUM QURBAN

Hukum dari qurban (udlhiyyah) adalah sunnah muakkadah. Namun, ada juga sebagian ulama yang menyatakan bahwa hukum qurban wajib bagi yang mampu. Tentunya hal ini sudah tidak relevan lagi untuk diperdebatkan karena perdebatan hanya akan memcah belah umat kita (Islam).

KEUTAMAAN QURBAN

Qurban adalah salah satu ibadah yang istimewa, keutamaan qurban dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadits-hadits dibawah ini:

Diriwayatkan dari ’A’isyah ra. Bahwa Rasulullah saw. Bersabda : tidak ada amalan yang diamalkan oleh manusia di hari ’Idul Adha yang lebih afdlol disisi Allah dari mengucurkan darah (qurban), dan sesungguhnya binatang qurban tersebut akan datang dihari kiamat dengan tanduk-tanduknya, rambut-rambutnya, dan kuku-kukunya, dan (pahala) mengucurkan darah (qurban) sungguh akan sampai kepada Allah sebelum darahnya jatuh ketanah, maka sucikanlah jiwamu dengan berqurban. (HR. Ibnu Majah dan At Turmudzi)

Dari Zaid bin Arqom r.a. berkata: kami bertanya: Ya Rasulullah apakah qurban itu ? Rasulullah saw menjawab: sunnah (tuntunan) bapak kalian Ibrohim. Shohabat bertanya : apa yang kita dapatkan darinya? Rasulullah saw menjawab: setiap rambutnya adalah satu kebaikan. Shohabat bertanya: bagaimana dengan bulunya? Rasulullah saw menjawab: Setiap rambut dari bulunya adalah kebaikan. (HR Ibnu Majah dan At Turmudzi)

Masya Allah, sungguh sayang jika kita memiliki harta untuk berkurban namun manyia-nyiakan kesempata untuk berqurban.

HIKMAH QURBAN

1. Untuk mendekatkan diri kepada Allah.
2. Menghidupkan sunnah Nabi Ibrohim as.
3. Semangat berbagi dan kasih sayang dengan orang lain.

Berikut adalah beberapa hadits yang berkaitan dengan hikmah qurban:

Qurban merupakan ibadah yang hanya boleh ditujukan kepada Allah semata, tidak boleh kita berqurban atau menyembelih hewan selain untuk Allah SWT. Sebagaimana tertulis di dalam Al-Qur’an; “Maka dirikanlah sholat karena tuhanmu dan berkorbanlah“ (QS. al kautsar : 2). ”Katakanlah sholatku, qurbanku, hidupku dan matiku, hanya untuk Allah tuhan semesta alam, tidak ada sekutu bagi-Nya.”(QS. Al An’am: 162-163). Oleh sebab itu, kita tidak diperkenankan untuk menyembelih binatang atau qurban dengan tujuan lain seperti; untuk sesaji, pesugihan, tolak balak, sedekah laut, sedekah bumi, kepada kuburan, pembangunan suatu proyek dan lain-lain. Perbuatan demikian tersebut termasuk kedalam perbuatan syirik besar. Sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim dari ’Ali bin Abi tholib, Rasulullah saw bersabda:
ِ”Allah melaknat orang yang menyembelih untuk selain Allah” (HR Muslim)
Bahkan dalam hadits lain diceritakan bahwa ada seseoranng yang masuk Neraka hanya karena berqurban lalat untuk selain Allah. Berikut adalah haditsnya:

Dari Thoriq bin Syihab, bahwa Rasulullah saw bersabda: ada seorang laki-laki yang masuk surga karena seekor lalat dan ada seorang laki-laki yang masuk neraka karena seekor lalat. Shahabat bertanya: bagaimana bisa seperti itu Ya Rasulallah?
Rasulullah saw menjawab: ada dua orang laki-laki yang melewati suatu kaum yang memiliki berhala, yang tidak seorangpun yang dapat melewatinya sehingga ia berkorban sesuatu untuk berhala itu. Maka kaum itu berkata kepada salah seorang laki-laki tersebut  berqurbanlah! Laki-laki itu berkata: saya tidak punya sesuatu untuk saya qurbankan. Mereka berkata: berqurbanlah walau dengan seekor lalat. Maka laki-laki tersebut berqurban (untuk berhala) dengan seekor lalat. lalu kaum itu melepaskannya, dan (ketika meninggal) dia masuk neraka. Dan kaum itu berkata kepada lelaki yang satunya: berqurbanlah! Lelaki tersebut menjawab: saya tidak akan berkorban sesuatupun kepada siapapun selain Allah. Maka kaum itu membunuhnya, dan ia masuk surga“ ( HR. Ahmad)

Bagi anda yang ingin berqurban tapi bingung mau berqurban dimana, lembaga Laz Harfa melayani penyaluran hewan qurban baik menggunakan hewannya langsung atau berupa uang. Mengenai harga dan informasi lebih lengkap bisa anda lihat pada gabar dibawah ini: 


Laz Harfa adalah lembaga swadaya masyarakat yang memfokuskan pada pengelolaan zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf secara profesional dengan menitikberatkan program pendidikan, kesehatan, pembinaan komunitas pemuda dan pemberdayaan ekonomi. Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang lembaga ini dari website Laz Harfa atau Facebook Laz Harfa.

Sekian catatan Aqsol Madinah yang berisi tentang ringkasan qurban, semoga bermanfaat dan semoga kita senantiasa diberikan rizki untuk membeli hewan qurban, amin.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments