Tips Mendapatkan Banyak View YouTube Part2

tips mendapatkan banyak youtube view

Assalamualaikum
Apa kabar sobat Aqsol? Semoga anda sehat selalu dan penuh semangat baru. Kali ini Aqsol Madinah akan memberikan beberapa tips untuk mendapatkan banyak view pada video YouTube. Oya kami sebelumnya sudah membuat posting tentang Tips Mendapatkan Banyak View YouTube, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik silahkan baca posting tersebut jika anda belum membacanya.

Pertama, kita harus pahami dulu bagaimana seseorang bisa sampai menonton video anda. Misalkan anda sedang mencari cara untuk membuat dock smartphone dari kartu perdana. Apa yang akan anda lakukan? Buka youtube.com kemudian mengetikkan kalimat ‘cara membuat dock smartphone dari kartu perdana’, atau mungkin langsung mengetikan ‘cara untuk membuat dock smartphone dari kartu perdana’ di kolom pencarian Google. Yap sumber utama view suatu video di YouTube biasanya adalah YouTube search dan Google search. Jadi, kalau anda ingin video anda banyak view-nya maka berusahalah agar ketika orang lain mengetikkan sebuah kata kunci maka yang muncul paling atas adalah video anda.

Kemudian, setelah anda menonton video pertama ternyata anda masih belum bisa membuat dock smartphone dari kartu perdana karena video yang anda tonton audionya kurang jelas. Anda pun menonton video sejenis yang disarankan oleh YouTube (terletak disamping kanan video yang telah anda tonton). Nah, video yang disarankan oleh YouTube tersebut disebut YouTube suggestion yang merupakan sumber view yang kedua.

Sekarang kasusnya berbeda. Anda punya facebook atau akun sosial media lainnya seperti twitter atau google plus? Jika iya, anda pasti pernah melihat link YouTube yang di share oleh teman anda kemudian anda menontonya. Misalkan teman anda ada yang share sebuah video berjudul “5 fakta mencengangkan tentang Ratu Atut, orangn Banten wajib nonton”. Karena anda orang Banten dan ketika itu Ratu Atut sedang ramai dibicarakan orang sekitar anda maka anda menonton video tersebut. Jadi, sumber view yang ke tiga adalah sosial media.

Selain dari Google search, YouTube search, YouTube suggestion dan sosial media masih banyak sumber lain yang bisa dioptimalkan untuk meningkatkan jumlah view video YouTube kita. Misalnya website, forum atau broadcast melalui aplikasi seperti WhatsApp dan BBM. Namun demikian, dalam menggunakan layanan-layanan tersebut kita juga harus bijak, jangan sampai kita dianggap spammer dan akhirnya berakibat fatal pada brand atau nama channel YouTube kita.

Untuk meningkatkan jumlah view dari hasil search dan YouTube suggestioan kita bisa menggunakan SEO (Search Engine Optimization), sedangkan untuk meningkatkan view dari sosial media maka kita harus tahu teknik untuk menggunakan sosial media tersebut. Nah jadi pada posting kali ini saya hanya akan membahas tentang SEO dan pemanfaatan sosial media. Untuk website, forum dan aplikasi chat tidak akan saya bahas sekarang.

SEO


Apa itu SEO? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya Optimasi Alat Pencari. SEO adalah sebuah cara untuk menempatkan video kita di hasil pencarian yang pertama. Misal ketika seseorang mengetikan kata ‘cara belajar efektif’ baik di Google maupun YouTube maka muncullah video kita di baris yang pertama, berarti teknik SEO kita telah berhasil. Kenapa harus baris pertama? Karena ternyata kemungkinan orang mengklik baris pertama lebih besar dari baris selanjutnya. Jadi semakin bawah semakin berkurang kemungkinan video kita akan di klik atau ditonton.

Lalu bagaimana caranya agar video kita muncul di baris pertama? Nah itu dia masalahnya, SEO adalah ilmu yang sangat tidak pasti, kadang suatu teknik bekerja dengan baik dan kadang juga tidak. Selain itu SEO juga sangat bergantung dari Algoritma Google yang biasanya update beberapa kali dalam setahun, oleh karena itu SEO adalah ilmu yang sangat dinamis, selalu berubah-ubah. Oleh karena itu kita harus up to date mencari informasi perkembangan SEO. Untungnya, SEO untuk video YouTube tidaklah serumit SEO untuk website.

Beberapa teknik SEO yang saya gunakan:

1. Menamai file dengan kata kunci target dan setiap kata diawali huruf kapital.
Contoh BENAR: 5 Top YouTuber Indonesia 2015.mp4
Contoh SALAH: avseq1.mp4 atau 5 top youtuber indonesia.mp4
2. Menulis deskripsi sepanjang mungkin dan menyimpan kata kunci target pada tiga baris pertama.
3. Menulis tag dengan kata kunci target. Selain membuat video kita muncul di baris awal, teknik ini juga bereakibat pada video suggestion. Oleh karena itu, jika sebelum anda upload ada video sejenis yang sudah populer maka anda bisa melihat tag video tersebut dan menulisnya dan tag video anda.
4. Oya jangan lupa juga untuk mengganti thumbnail dengan gambar yang unik dan menarik.

Sosial Media


Apa yang menyebabkan sebuah video menjadi viral? Ya, betul sosial media. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari sosial media, maka kita harus mengoptimalkan akun sosial media kita terlebih dahulu agar status yang kita tulis atau tweet yang kita tulis bisa dilihat banyak orang. Suatu akun sosial media yang optimal adlaah akun yang punya banyak follower atau liker. Lalu bagaimana cara mendapatkan banyak like dan follower? Kita bahas di lain waktu yah hehe.

Tips menggunakan sosial media:


Berikan manfaat

Kenapa orang lain me-like atau mem-follow akun anda? Jawabannya adalah karena mereka ingin mendapatkan manfaat dengan me-like atau mem-follow akun anda, manfaat tersebut bisa jadi berupa hiburan, informasi baru, informasi menarik, gambar lucu, gambar unik dan lain-lain. Jadi, buatlah akun anda agar bisa bermanfaat bagi orang lain.

Update di waktu yang tepat


Untuk Twitter waktu yang update yang paling tepat adalah ketika jam makan siang dan jam makan malam. Kenapa? Karena menurut statistik pada waktu tersebutlah orang lebih banyak online dibandingkan dengan waktu yang lain. Jika anda tidak bisa selalu update pada jam tersebut maka anda bisa memanfaatkan sosial media manager untuk membuat schedule tweet secara otomatis. Biasanya saya menggunakan hootsuite. Tapi ingat, hati-hati dalam menggunakan schdule tweet ini, terutama jika sedang ada bencana alam maka segera cancel schedule tweet dan ganti dengan tweet yang berisi bahwa anda juga turut berduka.

Berinteraksi


Interaksi atau hubungan timbal balik antara anda dan follower anda. Bangunlah sebuah komunikasi dua arah, respon setiap komentar follower anda. Dengan begitu akun anda akan mendapatkan nilai positif di mata mereka. Yah, namanya juga sosial media,  jadi anda harus pintar-pintar bersosialisasi. Sekali-kali anda boleh juga share kejadian pribadi agar follower anda merasa lebih dekat dengan anda.

Sekian posting kali ini, jangan lupa untuk subscribe channel YouTube Aqsol Madinah dan follow twiiter kami @AqsolMadinah. Semoga bermanfaat, Terimakasih.
Assalamualaikum

Comments

Popular posts from this blog

Menjawab Komentar Orang Kristen Tentang Al-Maidah Ayat 51

5 YouTuber Indonesia Paling TOP 2015 dan Penghasilannya

Manfaat Jumlah Subscriber untuk Youtuber